Bimtek penyusunan produk hukum kampung dilingkup pemerintah kabupaten tulang bawang

tritunggaljaya.desa.id Selasa|16/07/2019 bimbingan teknis penyusunan produk hukum yang dilaksanakan di kampung Sumber Makmur, kecamatan banjar margo, kabupaten tulang bawang, yang di isi atau disampaikan para narasumber dilingkup kabupaten tulang bawang yakni kepala bagian hukum yaitu bapak Anuari, SH,MH, dan bapak Mifthahudin, SH,MH, beliau menyampaikan begitu banyak pemaparan yang berkaitan dengan perundang-undangan serta pembuatan peraturan – peraturan yang ada di kampung.

Dalam bimtek tersebut peserta meliputi unsur yang ada kaitanya dengan pembuat peraturan kampung diantaranya adalah =

  • Kepala kampung
  • Sekretaris kampung / aparat kampung (kasi pemerintahan) dan
  • Badan Permusyawaratan Kampung

Dari tiga unsur tersebut merupakan unsur yang paling penting dalam pemerintahan desa, Yang merancang undang-undang / peraturan atau pembuat aturan yang dirapatkan dalam musyawarah desa dan penetapan peraturan.

Para peserta Bimtek penyusunan produk hukum dikampung dari tiga kecamatan sedang mendengarkan pemaparan dari kabag hukum tulang bawang. Doc.desa by ihwan

Acara yang dihadiri dari 3 (tiga) kecamatan yakni =

    1. Kecamatan Banjar Agung
    2. Kecamatan Banjar Margo dan
    3. Kecamatan Penawar Tama

Dan masing-masing kecamatan memerintahkan setiap kampung untuk mengutus minimal 4 (orang) atau 50 (orang) setiap kecamatan, Empat orang tersebut adalah orang yang langsung berkaitan dengan penyusun peraturan yang sudah disebutkan diatas.

Ada beberapa peraturan atau undang-undang sebelum di sahkan atau ditetapkan oleh kampung yang harus di konsultasikan kepada pemerintah daerah atau Bupati yaitu =

    1. Peraturan APBKam
    2. Peraturan PAK
    3. Peraturan Tata Ruang dan
    4. Peraturan Organisasi

Dari keempat peraturan tersebut merupakan wajib dikonsultasikan kepada Bupati sebab jika tidak maka peraturan tersebut tidak sah atau tidak berlaku.

Kabag hukum tulang bawang bapak Anuari, SH,MH. sedang menyampaikan pemaparan kepada para peserta bimtek di balai kampung Sumber Makmur, kec.banjar margo. Doc.desa by ihwan

Dalam pengertian lain = a). Peraturan kampung tidak bisa berubah artinya mengikat bahwa peraturan tersebut sudah di setujui oleh kepala kampung, BPK, lembaga lain dan masyarakat, dan b).sedangkan Peraturan Kepala Kampung bisa berubah itu artinya bahwa produk tersebut dibuat oleh kepala kampung dan bisa berubah sesuai dengan kemauanya, demikian info produk hukum yang saya ketahui dari bimtek yang saya pelajari hari ini jika ada kekuranganya dan kesalahan apa yang kami pelajari kami minta ma’af dan siap merevisi jika ada yang salah والسلم عليكم ورحمةالله وبركته.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan