Suasana sholat idul fitri di masjid khoirul amal kampung tri tunggal jaya

tritunggaljaya.desa.id Rabu 05/06/2019 Sholat idul fitri adalah shalat yang dikerjakan umat muslim setelah berakhirnya puasa bulan ramadhan yakni 1 syawal, setelah menteri agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan selesai sidang isbat yang dilaksanakan selasa pukul 19.30 wib, Itu bahwa semua umat muslim harus mengikuti apa yang menjadi keputusan bersama menteri agama, Kampung tri tunggal jaya terbagi dalam 5 masjid diantaranya adalah =

  1. Masjid miftahul huda Rk 001
  2. Masjid al-barokah Rk 002
  3. Masjid jami al-istiqomah Rk 003
  4. Masjid khoirul amal Rk 005 dan
  5. Masjid darussalam Rk 006

Fajar 1 Syawal 1435 H / 2014 M sebentar lagi akan tiba. Bersama-sama dengan umat Islam semuanya dari segala arah dan penjuru dunia dari sabang sampai merauke tak henti-hentinya mengumandangkan alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil, Bahkan sebagaian masyarakat kita, pada malam hari raya Idul Fitri dilakukan takbir keliling yang sudah menjadi budaya. Hal ini sesungguhnya merupakan manifestasi kebahagiaan setelah berhasil memenangi ibadah puasa, atau sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang kita peroleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.


Suasana jama’ah sholat ied sudah mulai bedatangan memenuhi lokasi dan dalam masjid khoirul amal.doc.desa.by Ihwan

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya : “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. ” Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Hiasilah hari rayamu dengan takbir”.

Dalam arti lain hari raya Idul Fitri adalah merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa, Idul Fitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dari kewajiban berpuasa itu sendiri yaitu manusia yang bertaqwa. Kata Id berdasar dari akar kata aada – yauudu yang artinya kembali sedangkan fitri bisa berarti buka puasa untuk makan dan bisa berarti suci. Adapun fitri yang berarti buka puasa berdasarkan akar kata ifthar (sighat mashdar dari aftharo – yufthiru) dan berdasar hadis Rasulullah SAWyang artinya :”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW, Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya.” Dalam Riwayat lain: “Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil.” (HR Bukhari).

Pengurus masjid ustd Jazim Ridwan sedang menyampaikan sambutanya didepan jamaah sholat ied.doc.desa.by Ihwan

Dengan demikian, makna Idul Fitri berdasarkan uraian di atas adalah hari raya dimana umat Islam untuk kembali berbuka atau makan. Oleh karena itulah salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitria dalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Takbir kita tanamkan ke dalam lubuk hati sebagai pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT. Kalimat tasbih kita tujukan untuk mensucikan Allah dan segenap yang berhubungan dengan-Nya. Tidak lupa kalimat tahmid sebagai puji syukur juga kita tujukan untuk Rahman dan Rahim-Nya yang tidak pernah pilih kasih kepada seluruh hambanya. Sementara tahlil kita lantunkan untuk memperkokoh keimanan kita bahwa Dia lah Dzat yang Maha Esa dan Maha Kuasa.

Sholat ied sudah akan dimulai, seorang bilal sudah di depan jama’ah.doc.desa by Ihwan

Dalam khutbah ied ini beliau kyai Muhtarom dari kampung DWT Kaya menerangkan bahwa “Syukur adalah kewajiban kita semua, Satu bulan kita berada dikawah candradimuko banyak ujian yang kita lalui, Dalam bulan yang baru saja kita lewati merupakan bulan yang penuh barokah, dan penuh ampunan apakah kita sudah melaksanakan dengan kebaikan-kebaikan dan amalan-amalan yang baik ,perlu introfeksi diri kita, الله tidak meliahat pangkat kita, propesi dan kedudukan kira akan tetapi الله hanya melihat ketakwaan dan keimanan kita, mari orang tua jaga anak kita masing-masing sehingga tidak tejerumus kelembah kesesatan sebab nanati orang tua akan dimintai pertanggung jawaban”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan