Anggaran pendapatan dan belanja kampung, kampung tri tunggal jaya tahun anggaran 2019 telah ditetapkan BPK

tritunggaljaya.desa.id,Selasa 12/03/2019: Kampung tri tunggal jaya melaksanakan musyawarah tentang penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung ( APBKam ) tahun anggaran 2019. Musyawarah di laksanakan di kantor balai kampung yang dipimpin oleh Ketua Badan permusyawaratan Kampung Tri Tunggal Jaya. Hadir dalam musyawarah tersebut yaitu Sekretaris Kampung, Perangkat, Rk, RT, Pendamping Desa, Tokoh Pemuda dan tokoh Masyarakat. Pembahasan utama dalam musyawarah ini adalah tentang sumber pendapatan Kampung dan belanja Kampung untuk tahun 2019.

Dalam sambutannya Ketua BPK Kampung tri tunggal jaya Bapak Effendi mengatakan proses panjang dalam perencanaan anggaran kampung hari ini akan ditetapan agar pelaksanaan perencanaan anggaran segera dapat dilaksanakan. Tanpa adanya sinergi yang baik dengan pemerintah kampung dan lembaga-lembaga lainnya mustahil penetapan berjalan sesuai dengan rencana. Dengan ditetapkannya Anggaran pendapatan dan belanja kampung disambut baik oleh pemerintah kampung, lembaga dan masyarakat. Ungkapnya lagi dalam sambutanya ketua BPK bapak Effendi : Setelah dana yang dianggarkan dicairkan pemerintah kampung segera menjalankan semua yang sudah dianggarkan dalam APBKam.


Penyampaian pemaparan pendamping desa oleh bapak Ibnu Su’ud didepan rapat BPK dan Aparat.doc.desa.by Ihwan

Pemerintah Kampung tri tunggal jaya melalui kaur Keuangan Bachtiar Efendi yang diwakili kasi pemerintahan memaparkan sumber pendapatan dan belanja Kampung untuk tahun 2019. Sumber pendapatan kampung tri tunggal jaya tahun 2019 yaitu bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.836.282.581 dan Alokasi Dana Kampung (ADK) Rp.616.100.000. Selain itu Kampung tri tunggal jaya mendapat bantuan keuangan Kabupaten sebesar Rp.60.000.000 dan pendapatan lain-lain kampung yang. Total pendapatan kampung tri tunggal jaya untuk tahun anggaran 2019 yaitu sebesar Rp. 1.512.382.581 dan selanjutnya pemerintah kampung akan membuat papan informasi ataupun benner untuk di pasang disegala penjuru tujuanya memberi informasi kemasyarakat. Dimana total anggaran tersebut akan dibelanjakan ke empat bidang kegiatan belanja yang sudah dianggarkan oleh pemerintah kampung.

Untuk belanja bidang penyelenggaraan pemerintahan kampung jumlah anggaran belanjanya yaitu Rp. 472.379.000. Bidang pembangunan kampung jumlah anggaran belanjanya yaitu Rp.715.942.750. Bidang Pembinaan kemasyarakatan jumlah anggaran belanjanya yaitu Rp.241.484.677. Bidang Pemberdayaan Masyarakat jumlah anggaran belanjanya yaitu Rp.88.000.000. SILPA tahun lalu Rp. 5.423.846. Total anggaran belanja kampung tri tunggal jaya yaitu sebesar Rp.1.517.806.427.


Sambutan dan pemaparan ketua BPK (gambar bawah) dibantu operator kampung Irwan kepada sidang penetapan APBK tahun anggaran 2019 dan sambutan Sekdes (gambar atas).doc.desa by ihwan

Dengan ditetapkannya APBKam kampung tri tunggal jaya Oleh BPK dan Masyarakat diharapkan pelaksanaannya dapat diawasi secara bersama-sama. Dalam menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut secara baik sesuai dengan rencana anggaran biaya yang sudah ditetapkan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan