Ramadhan sudah dipenghujung bulan,apa yang harus dikerjakan umat islam

tritunggaljaya.desa.id|13/06/2018|Ramadhan adalah bulan suci umat islam dimana bulan tersebut bulan yang penuh rahmat bulan yang penuh ampunan bagi mereka yang yakin menjalankan, umat islam diseluruh dunia berbondong-bondong menjalankan ibadah di bulan ini baik siang maupun malam.

Ramadhan sudah dipenghujung tahukan anda kewajiban sebagai umat muslim yaitu mengeluarkan zakat fitrah, zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikanya, atau zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang sampai tiba idul fitri

Seorang muzakki yang datang untuk memberikan zakat fitrah kepada panitia penyelenggara untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.doc.desa by Ihwan

Zakat yang bersifat wajib tersebut harus dikeluarkan sebelum shalat idul fitri dilangsungkan, hal tersebutlah yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainya, tujuanya mengeluarkan zakat fitrah yaitu untuk mensucikan harta sebab dalam harta manusia ada sebagian hak orang lain.

Dengan sebab tersebut diatas sehingga tidak ada alasan apapun seorang umat muslim untuk tidak mengeluarkan zakat fitrah, sebelum menyerahkan zakat fitrah seorang muslim harus melafalkan bacaan niat terlebih dahulu, adapun niat-niat atau lafal zakat fitrah adalah :

  1. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri arab latin adalah “Nawaitu an uhrija zakatalfitri annafsy fardhollillahi ta’ala” artinya (saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri karna Alla Ta’ala).
  2. Niat zakat fitrah untuk diri sediri dan keluarga arab latin adalah “Nawaitu an uhrija zakatalfitri anni wa anni jami’imma yalzamny nafakotuhum sar’an fardollillahi ta’ala” artinya (saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardu karna Allah Ta’ala).

Zakat yang diwajibkan pada setiap manusia muslim yang bernyawa, maka seorang muslim yang menjadi tulang punggung keluarga (misal suami) wajib menunaikan zakat semua anggota keluarga yang menjadi tanggunganya seperti : Anak,istri,mertua dan orang-orang dilingkunganya yang kebutuhanya sehari-hari mereka ditanggungnya.

Proses penimbangan zakat muzakki saat akan di serahkan kepanitia amil zakat.doc.desa.by Ihwan

Seperti yang ada di wilayah Indonesia ini membayar zakat fitrah bisa berupa beras,gandum,sagu dan jagung sesuai dengan wilayah dalam kehidupan makanan sehari-hari disuatu daerah bahkan tak sedikit juga menggantinya dengan uang yang sesuai dengan jumlah harga beras, jika merujuk kepada umumnya zakat fitrah beras maka yang harus dikeluarkan adalah 1 sho’ sama seperti 2,5 kg beras di Indonesia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan