Menyambut datangnya bulan suci ramadhan

tritunggaljaya.desa.id|15/05/2018 dua hari sebelum datangnya bulan suci ramadhan, musholla nurul huda kampung tri tunggal jaya mengadakan tarhib atau menyongsong tibanya bulan yang dinanti-nanti umat islam yakni bulan ramadhan yakni bulan suci bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa 15/05/2018 pukul 20.00 wib ini merupakan adat dan budaya bangsa indonesia khususnya umat islam indonesia dimana setiap tahunya pasti kagiatan ini dilakukan baik di rumah-rumah,tempa umum,sekolah,musholla dan dimasjid-masjid, mereka membuat atau membawa shadaqoh untuk dimakan bersama-sama.

Suasana jamaah yang sedang menunggu acara punggahan dimulai.doc.by Ihwan

Mereka melakukan bukan tidak ada dadasnya akan tetapi mereka tahu bahwa itu adalah perintah seperti yang disampikan oleh ustd. Hasan Asarofy yang mengisi tausiyah dalam acara tersebut bahwa beliau menyampaikan : seperti yang di kutip dari kitab duratusholihin atau sabda Rasul Muhammad saw bahwa barang siapa yang menyambut bulan suci ramadhan dengan hati gembira atau senang niscaya diharamkan baginya api neraka.

Dalam bahasa jawa dikatakan Punggahan atau ada yang mengatakan ruwahan, kembali kepada kitab duratussholihin kata ruwah bisa diartikan “arwah” yaitu dalam acara ini untuk mengirim do’a kepada arwah-arwah yang telah mendahului atau orang yang telah meninggal.

Masyarakat lingkungan musholla baik ibu-ibu,bapak-bapak dan anak-anak yang datang untuk meramaikan acara.doc.by Ihwan

Pada bulan suci para arwah di bebaskan dan pulang kealam dunia mereka bisa melihat para ahlinya atau saudaranya yang masih hidup didunia akan tetapi manusia tidak bisa melihat mereka, para arwah ini sebenarnya minta pertolongan atau bantuan do’a-do’a yang dipanjatkan para ahlinya didunia seperti bacaan Al-qur’an.

Besar kecilnya ujian yang mereka terima dialam kubur tergantung amal ibadahnya sewaktu didunia jika didunia mereka berbuat baik taat perintahNya dan menjauhi laranganya Insya Allah mereka akan selamat…Amiiin.red.hal.ziarah kubur.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan