Lagi-lagi gotong royong merupakan wadah mempersatukan warga

tritunggaljaya.desa.id|15/04/2018 gotong royong merupakam wadah masyarakat saling bertemu saling berkumpul saling mengenal dan merupakan wadah pemersatu masyarakat karena dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat bisa saling mengenal warga yang ada dilingkungan.

Kata gotong royong sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu : gotong artinya “angkat” sedangkan royong artinya “bersama”,jadi secara harfiah gotong royong adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan warga/masyarakat secara bersama sama untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.

Masyarakat sa’at penggalian tanah tempat pondasi rumah.doc.by Ihwan

Pada dasarnya gotong royong dan sambatan (bahasa jawa) adalah berbeda,jika gotong royong kerja bersama masyarakat tanpa menerima imbalan atau upah yang biasanya tempat kegiatan dipusatkan ditempat-tempat umum dan perorangan sedangkan sambatan sesuatu kegiatan kerja yang silaksanakan bersama warga dengan permohonan / permintaan salah satu warga dengan tujuan untuk tercapainya keinginan dan tanpa menerima imbalan atau upah dari orang yang menyuruhnya yang biasanya dilakukan di tempat-tempat pribadi.

Seperti yang dilakukan saat ini yaitu sambatan yang dilakuakan ditempat bapak Heri dalam acara pondasi rumah atau mendirikan rumah baru,kegiatan ini yang dinamakan sambatan (bahasa jawa) atau metulung dalam (bahasa bali) masyarakat bersama-sama saling membantu ada yang menggali tanah,memasang bata,mencampur pasir dengan semen dan lain-lain.

Pemasangan batu bata sekaligus peletakan batu pertama oleh tuan rumah.doc.by Ihwan

Masyarakat kampung tri tunggal jaya merupakan masyarakat yang kulture bermacam-macam suku,budaya dan agama terlihat rukun dan dan damai karena kegiatan seperti ini sudah mereka lakukan sejak dulu bahkan nenek moyang mereka sehingga kegiatan ini sampai saat ini masih populer.

Gotong-royong atau Sambatan sudah sering kali warga kampung tri tunggal jaya Rw 005/Rt 004 mereka lakukan sebab mereka tahu bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang saling bertemu dan berkumpul serta memper erat persaudaraan.

Doa bersama sebelum kegiatan di mulai.doc.by Ihwan

Masyarakat Rw 005/Rt 004 mayoritas masarakat tersebut adalah suku bali muslim yang sifat kegotong-royonganya masih melekat dihati mereka terbukti seperti gotong-royong yang dilakukan sekarang mereka tampak kompak dalam hal kemanusiaan,sifat inilah masih mencerminkan budaya bangsa yang saling membantu.red

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan