Posbindu lansia kampung tri tunggal jaya

tritunggaljaya.desa.id|rabu 11/04/2018 kampung tri tunggal jaya mendapatkan kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dengan pemerintah kampung yang di percayakan kepada kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dengan petugas kesehatan tulang bawang I yaitu dari petugas kesehatan Puskesmas banjar agung.

Kegiatan Posbindu lansia dan umum ini merupkan kegiatan pemeriksaan terhadap pasien umur diatas 50 tahun keatas atau usia lanjut dan pemeriksaan posbindu umum mulai usia 15 tahun keatas.

Petugas kesehatan Puskesmas akan mengadakan pemeriksaan terhadap pasien.doc.by Ihwan

Posbindu ini adalah merupakan salah satu peran serta pihak kesehatan dan masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), Puskesmas Keliling (Pusling) gratis, Pemeriksaan tersebut meliputi Pemeriksaan IVA (Insfeksi Visual Asitat) untuk mendeteksi dini kanker Servic bagi kaum hawa.

Dalam kegiatan tersebut pihak kesehatan yaitu dari Puskesmas Tulang Bawang I mendatangkan tenaga kesehatan berjumlah 4 (empat) orang diantaranya yaitu bapak Adi Daya Iskandar,Amd.kep,Ibu Rika Santi SY,Amd.keb, Ibu Suwarini,Amd.keb dan Ibu Masriana,Amd.keb sekaligus sebagai bidan desa sedangkan dari pihak kampung didampingi kader posyandu yaitu Ibu Soimah ketua Posyandu kampung tri tunggal jaya,Ibu Sudarmini ketua kelompok Posyandu “Kenanga” dan Ibu Sutarti Sekretaris kelompok Posyandu “Harapan Bunda”.

Petugas kesehatan puskesmas memberikan penjelasan tentang hidup sehat kepada pasien.doc.by Ihwan

Selain itu Posbindu merupakan upaya menindak lanjuti secara dini faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk kefasilitas pelayanan kesehatan dasar, Adapun kelompok PTM kategori utama adalah Diabetes Melitus,Kanker,Penyakit Jantung,Pembuluh Darah,Penyakit Paru obstruktif,Kecelakaan dan Tindak Kekerasan.

Loyalitas kader Posyandu kampung tri tunggal jaya patut mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya bahkan mereka secara sukarela siap membantu pada setiap kegiatan pelayanan kesehatan yang ada dikampung.

Beberapa petugas kesehatan sedang berbincang kepada kepala kampung.doc.by Ihwan

Posyandu atau Posbindu ini dilaksanakan secara terpadu,rutin dan berkesinambungan setiap bulanya pada tanggal 11/bulan, Program ini merupakan program pemerintah untuk mengendalikan trend Penyakit Tidak Menular yang semakin mengkawatirkan seperti:Hipertensi,Diabetes,Stroke,Jantung,Ginjal dan lain sebaganya, Merupakan sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan