PELATIHAN PETUGAS PENYULUHAN PERTANIAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DAN SWADYA DI KANTOR BPP KECAMATAN BANJAR AGUNG 10/01 2018

Narasumber sedang menyampaikan materi. dokumen by Ihwan

Peningkatan Kapasitas Petugas Penyuluhan Pertanian

tritunggaljaya.desa.id BPP adalah Balai Penyuluhan Pertanian yang ada di kecamatan Banjar Agung. Pelatihan yang diadakan tersebut sangat penting, karena akan menambah wawasan dan ilmu bagi pegawai penyuluhan, khususnya yang ada di kecamatan Banjar Agung.

Suasana kegiatan pelatihan penyuluhan pertanian di BPP Banjar Agung

Petugas penyuluhan pertanian baik PNS maupun swadaya sangat berjasa bagi pertanian Indonesia, karena maju mundurnya pertanian tergantung kepada Penyuluh/Pendamping. Pegawai penyuluh pertanian di kecamatan Banjar Agung jumlahnya sangat minim, hanya berjumlah 3 orang pegawai Penyuluh PNS dan 1 Kepala Balai penyuluhan. Jumlah pegawai penyuluhan tersebut tidak sebanding dengan luas wilayah yang ada di kecamatan Banjar Agung. Kekurangan jumlah pegawai penyuluhan ini tentu akan berdampak bagi peningkatan produktifitas petani yang ada di kecamatan Banjar Agung.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Banjar Agung, meminta kepada Dinas Pertanian Tulang Bawang untuk penambahan pegawai penyuluhan pertanian. sebab yang selama ini terjadi, satu Orang petugas penyuluhan bekerja mendampingi beberapa desa yang ada. Satu orang petugas penyuluhan bekerja mendampingi sampai dengan 3 atau 4 kampung, sehingga tugas tugas yang emban terasa semakin berat.

Narasumber sedang menyampaikan materi. dokumen by Ihwan

Selaku Tim Percepatan Pembangunan Pertanian dan Perikanan Provinsi Lampung yaitu, Bapak Ir Sulaiaman Nasution pada tanggal 10 Januari 2018 di BPP kecamatan Banjar Agung beliau memaparkan tentang fungsi BPP diantaranya :

1. Tentang Penguatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai simpul Koordinasi program pertanian yang dilandasi oleh Permentan No 43 Tahun 2006, dan yang mendasari adalah UU No.16 Tahun 2006

2. Penguatan BPP sebagai Centre Of Excelence (pusat keunggulan)

3. Klasifikasi BPP sebagai Standarisasi COE,fungsi sebagai simpul koordinasi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan