Praktik Jurnalisme Warga bersama Pak Dana Putra Yuda dan Operator SiDeKa Banjar Agung

Kak Dana Putra Yuda sedang mendampingi para Operator SiDeKa di Kafe Benter. Dokumentasi Hamdan.

Kedai Coffee Benter, Kamis 7 Desember 2017.

Selesai rakor di Kampung Dwiwarga Tunggal Jaya, para operator sideka berkumpul di kafe Benter untuk mengadakan pelatihan rutin. Beberapa hal yang dibahas diantaranya tentang cara memonitor kualitas data, kependudukan dan berita, menambah pengguna, menggunakan kode html sederhana.

Hadir dalam pertemuan tesebut Pak Badar, Pak Ihwan, Pak Jaini, Pak Fathur, Pak Hamdan dan Bu Siti Nur Hasanah. Suasana belajar lumayan santai dan hening dengan suguhan minuman ringan kopi, jus buah naga dan jus mangga.

Operator SiDeKa Kampung Tritunggal Jaya, Banjar Agung, Tridarma Wirajaya, Tunggal Warga dan Moris Jaya mendalami tips dan trik menulis yang baik dan menarik. Dokumentasi Desa.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas mengenai materi bimtek jurnalisme warga yang sebelumnya diikuti oleh beberapa RelawanTIK waktu lalu di Provinsi Lampung. (baca juga : Bimtek Jurnalisme Warga).

Kami belajar langkah-langkah menulis  yang diawali menentukan topik atau gagasan lalu melakukan pengujian.

Pengujian ini dilakukan untuk memahami:

  1. Apakah gagasan tersebut penting bagi khalayak?
  2. Dapatkah gagasan disempitkan sehingga lebih fokus?
  3. Apakah gagasan itu terikat waktu?
  4. Apakah gagasan itu segar (terkini)?

Kami juga diajari cara mengevaluasi sebuah tulisan. Untuk kalimat pembuka misalnya, apakah kalimat pembuka bisa menarik pembaca, dapatkah pembaca mengerti ide yang dituangkan, tulisan serius, adakah kata-kata yang sembrono dan aspek-aspek lainnya.

Begitu juga dengan paragraf kesimpulan. Sudahkah menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  1. Apakah disajikan dengan cukup kuat?
  2. Apakah mencakup semua ide tulisan?
  3. Bagaimana reaksi kita?
  4. Sudah cukup yakinkah pembaca memiliki reaksi?

Kami juga beri kunci menulis yang disingkat dengan 5 J yaitu jangan takut salah, jangan takut dikritik, jangan takut ditolak, jangan menyerah dan yang paling penting jangan malas membaca.

Sesuai pesan Camat Banjar Agung Bapak Sudirman, S.H. kami para operator akan terus memperbaiki kualitas data, mengisi data kependudukan dan memberitakan seluruh kegiatan kampung baik itu potensi, pembangunan, produk kampung maupun aktivitas lainnya yang ada di kampung masing-masing.

Kami operator berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penerapan SiDeKa yaitu BP2DK (Bpk. Ipan), Diskominfo Tulang Bawang, RelawanTIK, Camat Banjar Agung, Kepala Kampung dan sahabat-sahabat SiDeKa Tulang Bawang.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan